Dalam rangka
meningkatkan kemampuan dan peran serta kelembagaan Usaha Mikro, Kecil, dan
Menengah (UMKM) Sektor Kelautan dan Perikanan, Badan Pengembangan Sumber Daya
Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan – Kementerian
Kelautan dan Perikanan Tahun Anggaran 2016, akan merekrut 200 tenaga Penyuluh
Perikanan Bantu Manajemen Usaha Kelautan dan Perikanan, yang memiliki tugas :
- Berkoordinasi dengan Dinas Provinsi/Kabupaten/Kota yang membidangi kelautan dan perikanan, lembaga penyuluhan, koperasi dan UMKM, perijinan, sumber pembiayaan dan/atau permodalan serta mitra usaha di daerah;
- Bersinergi dengan Penyuluh Perikanan PNS, Penyuluh Perikanan Bantu, dan Penyuluh Perikanan Swadaya untuk identifikasi pelaku utama/ usaha sektor kelautan dan perikanan yang potensial.
- Mengidentifikasi permasalahan dan solusi pengembangan UMKM Sektor Kelautan dan Perikanan di daerah;
- Melakukan pendampingan manajemen usaha pelaku utama/usaha sektor kelautan dan perikanan;
- Meningkatkan skala usaha dan/atau mendapatkan akses sumber pembiayaan dan permodalan/mitra usaha pelaku utama/usaha sektor kelautan dan perikanan;
- Membantu pelaku utama/usaha sektor kelautan dan perikanan dalam fasilitasi pengembangan jejaring usaha dan pasar serta membuka akses iptek dan informasi;
- Mendorong kapasitas kelembagaan badan hukum kepada pelaku utama/usaha sektor kelautan dan perikanan.
Ketentuan
Umum:
- Warga negara Indonesia;
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
- Sehat Jasmani dan Rohani;
- Usia maksimal 50 tahun saat mendaftar;
- Tidak pernah terlibat masalah narkoba dan dijatuhi hukuman pidana;
- Kualifikasi pendidikan minimal sarjana (S1/DIV) semua jurusan;
- Tidak berkedudukan sebagai Calon Aparatur Sipil Negara/Aparatur Sipil Negara/ anggota TNI/Polri/Pegawai Honor Daerah/Karyawan BUMN/Karyawan Perusahaan Swasta/Penyuluh Perikanan Bantu/ Pendamping di SKPD/kementerian lain yang dibiayai oleh APBN/APBD.
- Bagi pelamar wanita, tidak sedang hamil.
Ketentuan
Khusus:
- Lokasi penempatan diprioritaskan sesuai domisili pelamar di kawasan minapolitan/sentra kelautan dan perikanan;
- Menguasai aplikasi komputer (microsoft office), email dan media sosial;
- Memiliki pengalaman kerja sebagai berikut:
- Sebagai konsultan manajemen usaha bidang kelautan dan perikanan, minimal memiliki pengalaman kerja 1 (satu) tahun; dan/atau
- Sebagai konsultan keuangan mitra bank (KKMB) bidang kelautan dan perikanan minimal pengalaman kerja 1 (satu) tahun; dan/atau
- Sebagai manager/konsultan bisnis koperasi/lembaga keuangan mikro di kawasan minapolitan/sentra kelautan dan perikanan minimal memiliki pengalaman kerja 1 tahun; dan/atau
- Sebagai konsultan manajemen usaha garam minimal memiliki pengalaman kerja 1 tahun.
4. Bersedia menandatangani kontrak kinerja.
JANGAN LUPA BACA JUGA LOWONGAN KERJA: SELEKSI TERBUKA PENDAMPING PROFESIONAL KOMUNITAS ADAT TERPENCIL KEMENTERIAN SOSIAL REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2016
PENDAFTARAN
- Pelamar wajib melakukan registrasi secara online dengan melengkapi biodata pada ikon yang ada di bawah website http://www.pusluh.kkp.go.id
- Berkas administrasi dikirim melalui email ke rekrutmen.mbkp@gmail.com. Dengan menuliskan subyek lamaran, nama kabupaten/kota serta provinsi yang dipilih (contoh: PPB Manajemen Usaha KP/KOTA TEGAL/JATENG) dan berkas administrasi asli dikirim/ditujukan kepada:
Panitia Seleksi Penyuluh Perikanan Bantu Manajemen
Usaha KP Tahun 2016
(Pusat Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat KP/ BPSDMP KP)
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Gedung Mina Bahari III Lantai 6
Jl. Medan Merdeka Timur Nomor 16 Jakarta
(Pusat Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat KP/ BPSDMP KP)
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Gedung Mina Bahari III Lantai 6
Jl. Medan Merdeka Timur Nomor 16 Jakarta
Dengan mencantumkan subyek lamaran dan nama
kabupaten/kota dan provinsi yang dipilih pada pojok kanan atas amplop (contoh:
PPB Manajemen Usaha KP/KOTA TEGAL/JATENG)
- Berkas administrasi meliputi:
- Surat lamaran yang ditanda tangani di atas materai Rp. 6000,-;
- Pas foto berwarna ukuran 4x6 (1 lembar);
- Daftar Riwayat Hidup;
- Fotokopi KTP/Surat Keterangan Domisili;
- Fotokopi ijazah S1/DIV;
- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (asli/legalisir);
- Surat Keterangan Sehat dari dokter pemerintah (puskesmas/rumah sakit);
- Fotokopi SK pengangkatan/kontrak sebagai konsultan manajemen usaha bidang kelautan dan perikanan/manager atau konsultan bisnis koperasi/lembaga keuangan mikro/konsultan manajemen usaha garam;
- Bukti berhasil membantu pelaku utama/usaha mendapatkan akses pembiayaan dari perbankan (untuk akses pembiayaan dari non-bank minimal Rp 25 juta per nasabah) pada 2 tahun terakhir, diketahui/dilegalisasi oleh pihak bank, khususnya bagi yang memiliki pengalaman sebagai Konsultan Keuangan Mitra Bank;
- Surat Keterangan tentang pengalaman kerja sebagai konsultan manajemen usaha bidang kelautan dan perikanan/manager atau konsultan bisnis koperasi/lembaga keuangan mikro/konsultan keuangan mitra bank dari Dinas Provinsi/Kab/Kota yang menangani urusan kelautan dan perikanan dan/atau koperasi dan UMKM, atau asosiasi atau inkubator bisnis provinsi atau lembaga terkait;
- Fotokopi sertifikat pendidikan dan pelatihan yang relevan (bila ada).
- Pendaftaran secara online dibuka tanggal 17 sampai dengan 26 Mei 2016;
- Penyampaian berkas administrasi melalui email paling lambat tanggal 26 Mei 2016;
- Berkas administrasi asli diterima oleh panitia seleksi paling lambat tanggal 30 Mei 2016.
- Pengumuman hasil seleksi akan
disampaikan melalui website http://www.pusluh.kkp.go.id
Ketentuan Lain-lain:
- Masa tugas Penyuluh Perikanan Bantu Manajemen Usaha KP Tahun Anggaran 2016 terhitung mulai tanggal 1 Juli - 31 Desember 2016;
- Besar Honorarium mengacu pada Standar Biaya Masukan (SBM) 2016 terkait Honorarium Penyuluh Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja sebagaimana Peraturan Menteri Keuangan Nomor 65/PMK.02/2015 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2016 dan diberikan biaya operasional pendampingan.
- Berkas administrasi yang akan diproses adalah berkas yang lengkap sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan;
- Keputusan panitia seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat;
- Setiap perkembangan informasi seleksi ini disampaikan melalui website www.pusluh.kkp.go.id. Untuk itu, para peserta seleksi dihimbau agar aktif mengakses website dimaksud. Kelalaian tidak mengikuti perkembangan informasi seleksi menjadi tanggung jawab peserta;
- Selama proses seleksi sampai dengan penetapan Nama Calon, apabila diketahui peserta memberikan keterangan/data yang tidak benar, Panitia Seleksi berhak menggugurkan keikutsertaan/kelulusan sebagai peserta seleksi
- Bagi pelamar yang tidak memenuhi syarat seleksi administrasi, berkas lamaran tidak dikembalikan dan menjadi arsip BPSDMP KP;
- Kepada seluruh pelamar yang mendapat telepon, SMS, dan lain-lain dari seseorang yang mengatasnamakan Panitia Seleksi untuk menawarkan kemudahan atau janji-janji dalam proses seleksi Mohon Diabaikan;
- Dalam seleksi ini TIDAK DIKENAKAN BIAYA ATAU PUNGUTAN DALAM BENTUK APAPUN.
Sumber: http://www.pusluh.kkp.go.id/arsip/c/2772/Rekrutmen-Penyuluh-Perikanan-Bantu-Manajemen-Usaha-Kelautan-dan-Perikanan-Tahun-Anggaran-2016/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar